Jika Anda Berminat Ingin Meningkatkan Hasil Panen Penerapan Pakai Cara Organik,
Untuk Pemesanan Silahkan Hubungi: 081904252629(XL) 081233750366(Simp)

PAKAI CARA ORGANIK BUDIDAYA IKAN GURAME

1. Persiapan kolam
A.Kolam Lumpur  
Pada kolam lumpur idealnya perlu dilakukan pemupukan sebelum ikan gurame ditebarkan. Pemupukan kolam bertujuan untuk meningkatkan makanan alami dan produktivitas kolam, yaitu dengan cara merangsang pertumbuhan makanan alami sebanyak-banyaknya. Pemakaian Produk Nasa berupa TON ditambah 50% pupuk kimia dasar yang biasa di gunakan. TON di tebarkan di saat proses pengeringan air kolam, lalu setelah 3-5 hari masukkan air setinggi 5 – 10 cm, kemudian endapkan selama 1 minggu. Setelah 1 minggu tambahkan air menjadi 30 cm dan selanjutnya masukkan ke dalamnya POC NASA. Biarkan selama 3 hari. Kolam siap di masukkan benih ikan.
B. Kolam Terpal

Untuk membuat kolam dengan menggunakan terpal ini kita tidak harus menggali tanah terlebih dahulu, dan yang harus kita lakukan hanya meratakan tanah atau lahan yang akan kita gunakan untuk kolam ikan , dan sebelum terpal di buat sebaik nya tanah di lapisi dulu dengan pelepah pisang atau bisa juga dengan ampas padi dengan tujuan agar terpal tidak bocor karena siapa tahu ada sesuatu benda yang tajam di bawah terpal yang tidak kita ketahui.

 Sementara untuk ukuran kolam bisa di sesuaikan saja dengan lokasi atau luas tanah yang anda miliki karena budidaya ikan gurame ini bisa untuk sekala kecil dan besar jadi buat anda yang mau mencoba usaha di bidang budidaya ikan gurame tapi mempunyai lahan yang kecil pun bisa di  jalani, yang terpenting anda mempunyai  saluran air yang bersih yang dapat mengaliri kolam ikan tersebut.

 2. Pemijahan

Sebelum melakukan pemijahan pastikan kolam sudah di isi air dan sudah di taburi garam terlebih dahulu agar kolam terpal tersebut bersih dari berbagai hama atau penyakit dan diamkan selama beberapa hari, selain itu ikan gurame yang akan di pijahkan juga harus benar-benar sehat dan tidak ada yang sakit atau cacat sedikit pun.

 Untuk melakukan pemijahan ikan yang mau di pijahkan sebaik nya  di masukan ke dalam plastik yang berisi air dan beri oksigen dengan tujuan agar ikan bisa beradaptasi dulu setelah itu ikan bisa di indahkan ke dalam kolam terpal dengan cara perlahan-lahan agar ikan tidak stres.

 3. Pemberian pakan

Untuk pakan dewasa ikan gurame ini kita bisa memberikan daun-daunan atau pelet namun buat yang masih kecil kita bisa berikan tepung pelet dan juga cacing tanah atau cacing sutra, jika kandungan yang terdapat pada pelet itu mencapai 25 sampai 30 % kita bisa beri makan ikan gurame tersebut 2 kali sehari tapi bila kurang berikan 3 kali sehari.

 Dan untuk jenis daun-daun yang terbaik buat ikan gurame yaitu : Daun keladi, daun talas khusus, daun singkong, daun sente, daun pepaya, daun ubi jalar, dan daun kangkung, selain itu bisa juga dengan bibit padi yang masih muda, kacang-kacangan, ampas tahu, dedak, bungkil kacang dan jagung rebus.
     Pemberian Nutrisi Pakan
  • Faktor yang cukup menentukan dalam budi daya ikan patin adalah faktor pemberia makanan. Faktor makanan yang berpengaruh terhadap keberhasilan budi daya ikan patin adalah dari aspek  kandungan gizinya, jumlah dan frekuensi pemberin makanan.
  • Pemberian makan dilakukan 2 kali sehari (pagi dan sore) dengan ditambahkan Produk Nasa yang berupa VITERNA + POC NASA + HORMONIK. Untuk pemberian Pakan + Produk Nasa disaat pagi hari saja. Jumlah makanan yang diberikan per hari sebanyak 3-5% dari jumlah berat badan ikan peliharaan.
  • Jumlah makanan selalu berubah setiap bulan, sesuai dengan kenaikan berat badan ikan. Hal ini dapat diketahui dengan cara menimbangnya 5-10 ekor ikan contoh yang diambil dari ikan yang dipelihara (sampel).
  • Pakan yang diberikan adalah pelet dan bisa ditambahkan makanan alami lainnya seperti kerang, keong emas,bekicot, ikan sisa, sisa dapur dan lain-lain. Makanan alami yang diperoleh dari lingkungan selain mengandung protein tinggi juga menghemat biaya pemeliharaan.
  •  
  • Cara Pemesanan :
    1. SMS/Telp untuk konfirmasi pemesanan(Nama produk,Jumalah pemesanan) 
    2. Kemudian akan dihitung jumlah biaya yang harus di transfer termasuk ongkos kirim. 
    3. Transfer biaya pembelian sesuai dengan pemesanan ke rekening kami.
    4. Konfirmasi bukti pengiriman ke kami.
    5. Setelah biaya/transfer diterima, maka barang akan segera dikirim ke alamat yang telah ditentukan.  
    6. Pengiriman barang dengan menggunakan POS Indonesia atau Jasa Paket yang telah disepakati.
    Contact Person : 
    JOKO NUR CAHYO
    Alamat : Glondong Tirtonirmolo Kasihan Bantul Yogyakarta 55181
    HP       : 0857.2910.1314 / 0819.0425.2629
    Email   : jokogoorganik@gmail.com

    Rekening :
  • BCA. 4451266548 a/n JOKO NUR  CAHYO
  • BRI. 6640-01-024468-53-9 a/n JOKO NUR  CAHYO
  •  

0 Response to "PAKAI CARA ORGANIK BUDIDAYA IKAN GURAME"

Posting Komentar